Senin, 03 Oktober 2011

Beasiswa Dalam Negeri

Beasiswa Habibie Center
Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM-IPTEK) didirikan oleh Prof. Dr.-Ing. B.J. Habibie (mantan presiden RI) pada tahun 1997. Badan pengurus yayasan ini diketuai oleh Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan memiliki tujuan :
  1. Mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan memiliki kualitas Iman dan Takwa yang tinggi.
  2. Menguasai, mengembangkan dan mengendalikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara mandiri.
  3. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, Yayasan melakukan kegiatan sebagai berikut:
  4. Memberikan beasiswa untuk tingkat S3 (Doktor),
  5. Memberikan penghargaan dan hadiah kepada orang atau Badan yang telah berjasa atau melakukan terobosan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Habibie Award).
  6. Mengembangkan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).
  7. Membentuk atau membantu berdirinya Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.


Beasiswa Beswan Djarum
Beasiswa & Pengembangan Karakter
Djarum menyadari, pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.
Oleh sebab itu, sejak tahun 1984 melalui program Djarum Bakti Pendidikan, Djarum memberikan beasiswa kepada para mahasiswa-mahasiswi strata satu berprestasi tinggi dari berbagai Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia. Untuk semakin menegaskan komitmennya memajukan dunia pendidikan, mulai tahun ini Djarum Bakti Pendidikan telah berubah menjadi Djarum Beasiswa Plus. Hal ini sesuai dengan arah kegiatan CSR PT Djarum di bidang pendidikan yang akan fokus dan identik dengan pemberian beasiswa.
Para calon penerima Djarum Beasiswa Plus tersebut diseleksi secara ketat dan harus memenuhi persyaratan IQ dan EQ sehingga mereka memiliki kecerdasan emosional dalam proses meraih prestasi.
Selain mendapat bantuan biaya pendidikan, para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum)juga menerima manfaat lain berupa program pengembangan karakter yang merupakan kelebihan dari Program Djarum Beasiswa Plus , yaitu dengan mengikuti seminar/lokakarya, pelatihan-pelatihan, leadership, motivasi, outbound, practical skills, maupun kewirausahaan (entrepreneur skill) dan lain-lain agar para Beswan Djarum bisa mandiri dan menjadi pemimpin arif.
Setiap setahun sekali, kecerdasan mereka diasah melalui Lomba Karya Tulis Beswan Djarum (LKT-BD) untuk mengasah kemampuan dan kualitas berpikir kreatif dan inovatif.
Seluruh Beswan Djarum juga berkesempatan untuk berkunjung ke pabrik PT Djarum di Kota Kudus sekaligus menghadiri malam pelantikan sebagai Beswan Djarum dalam satu perhelatan Silaturahmi Nasional
Pada tahun 2003 Ikatan Penerima Beasiswa Djarum (IPBSD) menjadi Ikatan BESWAN DJARUM, singkatan dari Ikatan BEASISWAWAN DJARUM. Sejak itu pula para penerima Djarum Beasiswa Plus disebut dengan Beswan  Djarum.
Terus berkomitmen pada dunia pendidikan
Seiring dengan bertambahnya jumlah Beswan Djarum, diperlukan suatu wadah untuk menampung kegiatan bagi para mahasiswa penerima beasiswa Djarum. Wadah tersebut dinamakan Ikatan Penerima Beasiswa Djarum (IPBSD) yang pada tahun 2003 disempurnakan menjadi Ikatan BESWAN DJARUM, singkatan dari Ikatan BEASISWAWAN DJARUM. Sejak itu pula para penerima Djarum Beasiswa Plus disebut dengan Beswan  Djarum.
Untuk mempertajam kepekaan sosial, Ikatan BESWAN DJARUM secara rutin melakukan berbagai kegiatan sosial dan diklat internal bagi para anggotanya. Mereka juga belajar untuk memiliki rasa berbagi dengan mengajar anak-anak yang tidak mampu di lingkungan masing-masing. Adanya Ikatan BESWAN DJARUM, manfaat yang diperoleh para Beswan Djarum tidak hanya terbatas pada nilai nominal yang diterima setiap bulan.
Melewati usia seperempat abad Program Djarum Beasiswa Plus berjalan, lebih dari 6300 mahasiswa-mahasiswi dari 70 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia telah menerima Djarum Beasiswa Plus.
Djarum akan terus konsisten dan berusaha menjaga komitmen demi tercapainya masa depan yang penuh cita-cita luhur. Sebuah semangat yang tak akan pernah berhenti untuk terus melahirkan generasi berprestasi.
Persyaratan menjadi penerima program Djarum Beasiswa Plus
UMUM :
  1. Pria atau wanita.
  2. Sedang menempuh Tingkat Pendidikan S1 (Strata 1).
  3. Prestasi Akademik dengan IPK diatas 3.00, telah menyelesaikan 4 semester (kondisi keuangan keluarga menjadi salah satu pertimbangan).
  4. Aktif mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi di Kampus.
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
ADMINISTRASI :
  1. Mahasiswa mengajukan surat permohonan beasiswa kepada perguruan tinggi melalui Direktur Administrasi Kemahasiswaan atau Pembantu Rektor III .
  2. Fotocopy Kartu Hasil Studi Semester 4 (empat).
  3. Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi/surat keterangan aktif berorganisasi.
  4. Surat keterangan dari kampus tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
  5. Fotocopy KTP.
  6. Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater.
TES SELEKSI :
  1. Mengikuti psikotes.
  2. Wawancara.
  3. Membuat tulisan singkat.
  4. Program Djarum Beasiswa Plus
  5. Djarum Beasiswa Plus diberikan selama 2 (dua) semester berurutan atau 1 (satu) tahun.
  6. Besarnya dana Djarum Beasiswa Plus pada tahun ajaran 2010/2011 sebesar Rp. 600.000,-(enam ratus ribu rupiah) per bulan.
  7. Menerima pelatihan soft skills seperti : outbound, leadership training, practical skills dan entrepreneurship.


Beasiswa Jababeka

President University didirikan di Kota Jababeka untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil yang harus mampu berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya untuk menghadapi persaingan global. Suasana international tercipta dengan adanya 30% mahasiswa yang berasal dari luar negeri demikian juga para dosennya.
Tersedia 12 jurusan yang terdiri dari:
Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Komputer dan Fakultas Komunikasi.
Para mahasiswa diharuskan tinggal diasrama dan magang selama 2 semester di Jababeka maupun Jakarta. Hal tersebut untuk memastikan bahwa setelah lulus mereka akan mendapat pekerjaan yang baik yang sesuai dengan bidangnya.


Beasiswa Sampoerna Foundation

Putera Sampoerna Foundation atau lebih dikenal sebagai Sampoerna Foundation adalah sebuah yayasan nirlaba yang didirikan oleh Putera Samporna beserta para pemegang saham PT HM Sampoerna lainnya didirikan pada tahun 2001 bertujuan untuk peningkatan pendidikan nasional di Indonesia
Program
  • Beasiswa
  • Bantuan keuangan siswa (lihat Daftar rekanan universitas)
  • Program Pengembangan sekolah terpadu
  • Program Pengembangan institusi pendidik
  • Program Pembangunan Insritusi (lihat Sampoerna School of Business and Management-ITB)
  • Perbaikan Pendidikan
  • Beasiswa Sampoerna Foundation

Sejak tahun 2001 Sampoerna Foundation telah memberikan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia.  Program beasiswa dari Sampoerna Foundation ini terbagi menjadi dua, yakni :
Beasiswa studi dalam negeri, meliputi :
  • Beasiswa SD
  • Beasiswa SMP
  • Beasiswa SMU
  • Beasiswa Guru
  • Beasiswa Sarjana
  • Beasiswa Paska sarjana
  • Beasiswa studi ke luar negeri, meliputi
  • Program beasiswa untuk SMU
  • Program beasiswa untuk S1
  • Program beasiswa untuk S2


Beasiswa   BPPS
 
Persyaratan Calon Penerima Beasiswa
Syarat calon penerima program Beasiswa BPPS adalah:
  1. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS) Ditjen Pendidikan Tinggi pada saat ini hanya diperuntukkan bagi dosen Perguruan Tinggi Negeri, dosen Perguruan Tinggi Swasta (Dosen PNS Dpk, dosen Tetap Yayasan yang telah mempunyai NIK Yayasan serta telah memiliki angka kredit jabatan akademik dosen minimal Asisten Ahli 100), dan sebagian dosen IAIN/STAIN yang berstatus PNS yang mengikuti program S2.
  2. Dosen PNS yang berasal dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Sunan Gunung Jati Bandung, Sunan Kalijaga Yogyakarta, Alauddin Makassar, Sultan Syarif Qasim Pekanbaru dan Universitas Islam Negeri Malang yang sudah berubah status kelembagaannya dari IAIN/STAIN, dapat diusulkan sebagai peserta S3 calon penerima BPPS.
  3. Permohonan untuk memperoleh BPPS Ditjen Pendidikan Tinggi harus mendapat persetujuan dan diajukan oleh Rektor/Ketua Perguruan Tinggi asal kepada Direktur Program Pascasarjana yang dituju. Khusus peserta yang berasal dari PTS, persetujuan dan usulan BPPS tersebut harus direkomendasi oleh pihak Kopertis Wilayah asal perguruan tinggi peserta.

Pendaftaran Calon Penerima Beasiswa
Penyaringan dalam penerimaan calon penerima program Beasiswa BPPS dilakukan berdasar pada:
Prestasi akademik selama menempuh pendidikan program sarjana
Keterkaitan bidang ilmu program S2 yang ditempuh dengan bidang ilmu S1-nya dan atau bidang ilmu program S3 yang ditempuh dengan bidang ilmu program S1/S2 dari peserta.
Tempat yang tersedia.


Beasiswa Unggulan Depdiknas                                              
 
I. PROGRAM PROGRAM ATDIKBUD RI DILUAR NEGERI
Beasiswa unggulan Atdikbud RI diluar negri adalah merupakan program pemberian beasiswa kepada lulusan terbaik dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia untuk disekolahkan di institusi pendidikan di luar negri di negara yang terdapat Atdikbud RI.

 
II.  PROGRAM D4/S1/S2/S3 REGULAR
Beasiswa unggulan adalah program beasiswa lingkup nasional dan internasional dalam rangka menyiapkan insan indonesia yang cerdas dan kompetitif sesuai dengan visi pendidikan nasional.


III.  PROGRAM BEASISWA PENELITI, PENULIS, PENCIPTA, SENIMAN, WARTAWAN, OLAHRAGAWAN, DAN TOKOH
Beasiswa unggulan untuk Peneliti, Pencipta, Penulis, Wartawan, Seniman, Olahragawan dan Tokoh adalah program beasiswa lingkup nasional dan internasional dalam rangka menyiapkan para Peneliti, Pencipta, Penulis, Wartawan, Seniman, Olahragawan dan Tokoh yang cerdas dan kompetitif sesuai dengan pendidikan nasional.


Beasiswa   Depag Bagi Guru dan Tenaga Pendidik            

Maksud dan Tujuan
Maksud
Pemberian beasiswa ini dimaksudkan untuk membantu peningkatan kualitas sumberdaya guru, tenaga kependidikan, pengawas dan karyawan di lingkungan Departemen Agama dalam rangka pengembangan mutu madrasah, baik dari out put yang dihasilkan maupun penguatan manajemen kelembagaan.
Tujuan
  1. Meningkatkan profesionalitas dan kompetensi guru bidang studi;
  2. Mengurangi angka mismatch dan un-qualified guru madrasah;
  3. Meningkatkan rasa percaya diri dan kapabilitas guru sebagai pendidik;
  4. Meningkatkan pelayanan pendidikan yang terbaik dan bermutu bagi peserta didik dan masyarakat luas;
  5. Meningkatkan kesejahteraan guru dalam rangka pengembangan peran sosial guru pada masyarakat global.
  6. Sasaran
  7. Guru bidang studi matematika, kimia, fisika, biologi, bahasa Indonesia, bahasa Arab dan Bahasa Inggris pada MTs dan MA negeri maupun swasta, PNS maupun non-PNS.
  8. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs, SMP, MA, dan SMA negeri maupun swasta, PNS maupun non-PNS.
  9. Karyawan di lingkungan Direktorat Pendidikan Madrasah dan Bidang Mapenda di daerah diutamakan untuk program studi kurikulum, evaluasi, dan manajemen pendidikan.
Persyaratan
Umum
  1. Mengisi formulir pendaftaran (lihat lampiran 2);
  2. Berusia maksimal 45 tahun pada saat pendaftaran;
  3. Menyerahkan fotocopy ijazah terakhir dan dilegalisir oleh pihak yang berwenang sebanyak 2 lembar;
  4. Melampirkan fotocopy transkrip nilai (IPK) minimal 2,75 dan dilegalisir oleh pihak yang berwenang;
  5. Melampirkan pas photo berwarna ukuran 2 x 3  sebanyak 2 lembar;
  6. Melampirkan fotocopy KTP sebanyak 1 lembar;
  7. Melampirkan Surat Keputusan (SK) Mengajar dari Kepala Madrasah / Yayasan / Kandepag / Kanwil;
  8. Melampirkan Surat Persetujuan dari Kepala Madrasah / Yayasan / Kandepag / Kanwil (lihat lampiran 3);
  9. Sanggup menyelesaikan studi maksimal 2 tahun, dibuktikan dengan surat pernyataan di atas materai Rp. 6.000,-. (diminta setelah dinyatakan lulus oleh Perguruan Tinggi yang relevan).
Khusus
  1. Sedang mengajar di madrasah minimal 5 tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala madrasah yang bersangkutan;
  2. Program studi yang dipilih sesuai dengan bidang studi yang diajarkan dan ijazah S1 yang dimiliki, kecuali untuk evaluasi, kurikulum, dan manajemen pendidikan;
  3. Khusus program studi evaluasi, kurikulum, dan manajemen pendidikan, harus mendapat persetujuan Kepala Bidang Mapenda Kanwil Depag Provinsi;
  4. Selama melaksanakan studi, yang bersangkutan dibebastugaskan dari mengajar atau tugas lainnya.;
  5. Peserta program ini tidak untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS);
  6. Dianjurkan bagi yang sedang menyusui atau hamil untuk menunda keikutsertaannya dalam program beasiswa ini.

Beasiswa Indonesia Belajar dari Indosat

Bandung, 26 September 2006 – Mewujudkan komitmen kepedulian kepada dunia
pendidikan, Indosat kembali memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di
Institut Teknologi Bandung (ITB). Program beasiswa yang diberikan ini meliputi biaya
pendidikan dan biaya sarana penunjang pendidikan seperti buku-buku perkuliahan.
”Sebagai perusahaan telekomunikasi, Indosat terus berupaya mendukung dunia
pendidikan di Indonesia khususnya dengan membantu anak bangsa yang memiliki
potensi dan keunggulan, namun tidak mampu secara ekonomi,” jelas Kaizad B.
Heerjee. ” Dukungan itu kami ujudkan dalam bentuk beasiswa kepada mahasiswa
berprestasi di beberapa perguruan tinggi, termasuk ITB”.
Program beasiswa di ITB ini merupakan suatu rangkaian dari program Indonesia Belajar
yang berfokus pada pengembangan dunia pendidikan. Penerima beasiswa berjumlah
50 orang mahasiswa berprestasi yang tidak mampu secara ekonomi dari beberapa
universitas terkemuka, seperti: Universitas Sriwijaya, Universitas Hasanuddin,
Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut
Teknologi Bandung. Para penerima beasiswa telah melalui rangkaian proses seleksi
yang ketat, yang dilakukan Indosat bekerja sama dengan universitas bersangkutan.
”Partisipasi Indosat dalam membangun dunia pendidikan tidak hanya berupa program
beasiswa ini saja, beberapa kegiatan telah dilakukan disepanjang tahun 2006 yang lalu,
seperti: peresmian 2 sekolah unggulan Iqro dan Nurul Fikri di Nangroe Aceh
Darussalam; workshop peningkatan kompetensi guru IPA di Sumatera Barat
bekerjasama dengan Universitas Andalas, Universitas Bung Hatta, dan Universitas
Negeri Padang; bantuan renovasi sekolah di daerah bencana Jogjakarta dan
Pangandaran; partisipasi dalam pembangunan asrama pemuda pelopor di Pesantren
Da’arut Tauhid; Program Pembinaan Olaharaga Panahan bagi pelajar SD/SMP serta
beberapa aktifitas sosial perusahaan lainnya. Kegiatan inovasi dalam teknologi wireless
juga diselenggarakan melalui program Indosat Wireless Innovation Contest yang
terutama ditujukan bagi generasi muda”, demikian Kaizad menambahkan.
Pada tahun 2007 ini, Indosat juga telah merencanakan berbagai program CSR pada
bidang pendidikan, lingkungan dan kesehatan sebagai kelanjutan dari komitmen
perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia.

Tentang Indosat
Indosat adalah penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di
Indonesia yang memberikan layanan jasa selular dengan nama produk Mentari,
Matrix dan IM3), jasa SLI dengan nama produk SLI 001, SLI 008 dan FlatCall
01016, jasa fixed wireless dengan nama produk StarOne dan I-Phone serta
Multimedia, Komunikasi Data dan Internet (MIDI) baik melalui Indosat maupun
anak perusahaan, Indosat Mega Media (IM2) dan Lintasarta. Indosat juga
menyediakan jasa Indosat 3G, yaitu layanan 3G berkecepatan tinggi dengan
teknologi HSDPA hingga 3,6 Mbps. Saham Indosat tercatat di Bursa Efek
Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (JSX:ISAT) dan saham dalam bentuk
American Depositary Shares tercatat di Bursa Efek New York (NYSE).


Beasiswa  Panasonic  2008                                                      

PROSPECTUS
Matsushita Electric Industrial Co., Ltd. was founded in 1918 when Konosuke Matsushita made and marketed an improved attachment plug. Since its foundation Matsushita Electric has endeavored to fulfill its corporate mission of contributing to the progress and development of society and well-being of people all over the world.

In commemoration of its 80th anniversary in 1998, Matsushita Electric decided to launch Panasonic Scholarship Program for privately-financed students from Asian countries to pursue mater’s course in Japan.

We hope this scholarship will provide them with a good oppurtunity to do research at graduate schools and enable them to contribute to the development of their countries and to promote friendship between Asian countries and Japan in the 21st Century.

ELIGIBILITY
Privately-financed students from Asian countries who are university graduates under 30 years of age and wish to enter master’s courses of natural science and engineering area except Medical Science, Pharmacology and Dentistry at graduate schools in Japan.

APPLICATION
Overseas Application System
Subsidiaries of Matsushita Electric in the following countries and areas invite applicants to apply for this program.
CHINA, MALAYSIA, TAIWAN, INDONESIA, THE PHILIPPINES, THAILAND, and VIETNAM

CONTENTS OF PANASONIC SCHOLARSHIP PROGRAM
Panasonic Scholarship will be provided for max. three years including max. one year of Japanese language training and study as research student and max. two years for master’s program.

YEAR ONE : Japanese language training and study as research student
Monthly Scholarship : ¥ 150.000 per month
Arrival Allowance : max. ¥ 200.000 will be paid before and/ or after arrival in Japan
Tuition Fee Assistance : ¥ 250.000 will be paid in each semester
The actual amount will be paid in case the tuition fee is less than ¥ 500.000/ year.

YEAR TWO & THREE : Master’s course at graduate school
Monthly Scholarship : ¥ 180.000 per month
Matriculation Fee Assistance : ¥ 200.000 will be paid in the first year of master’s course
Tuition Fee Assistance : ¥ 250.000 will be paid in each semester
The actual amount of matriculation and tuition fee will be be paid to the students whose fees are less than the above amount.

The contents of the program are subject to change without prior notice.
Panasonic Scholarship for Indonesian Students

For 2008 Scholarship, the deadline of application is  April 14, 2007.

Silakan anda pelajari keterangan lengkapnya di www.panasonic.co.id untuk mempersiapkan diri mendaftarkan pada periode beasiswa Panasonic 2009.


Beasiswa Yayasan Supersemar                                              

Beasiswa Supersemar ialah bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Supersemar kepada pelajar dan mahasiswa dengan persyaratan tertentu, dengan tujuan untuk membantu meringankan beban di dalam mengatasi biaya pendidikan formal agar beasiswan (siswa/mahasiswa penerima beasiswa) terhindar dari ancaman putus sekolah. Prioritas beasiswa Supersemar saat ini adalah siswa SMK negeri dan mahasiswa di perguruan tinggi.

I. Beasiswa Supersemar untuk Siswa SMK Negeri
A. Persyaratan
Berstatus siswa yang masih aktif.
Nilai rata-rata rapor terbaru minimal = 6,5 Anak dari keluarga kurang/tidak mampu.
Diusulkan oleh kepala sekolahnya. Beasiswa berlaku untuk satu tahun pelajaran dan dapat diperpanjang untuk tahun berikutnya apabila masih diusulkan oleh kepala sekolahnya.

B. Cara Mengajukan Permohonan
Siswa yang memenuhi persyaratan tsb. di atas, diwajibkan:
Mengisi formulir permohonan beasiswa yang telah disediakan oleh Yayasan Supersemar di sekolahnya. Melengkapi formulir tersebut dengan pasfoto ukuran 4 x 6 cm dan meterai secukupnya serta dilegalisasi oleh kepala sekolahnya. Secara kolektif formulir tersebut dikirimkan oleh kepala sekolah kepada Ketua Yayasan Supersemar melalui Kepala Kantor Dinas Pendidikan tingkat provinsi.

C. Periode Pemberian Beasiswa terhitung mulai bulan Juli s.d. Juni tahun berikutnya.

D. Besarnya Uang Beasiswa
@ Rp 30.000,00 per bulan

II. Beasiswa Supersemar untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi

A. Persyaratan
Berstatus mahasiswa yang masih aktif kuliah. Indeks Prestasi semester terbaru tidak kurang dari
2,5 Anak dari keluarga kurang/tidak mampu. Diusulkan oleh pimpinan perguruannya.
Beasiswa berlaku untuk satu tahun pelajaran dan dapat diperpanjang untuk tahun berikutnya apabila masih diusulkan oleh rektor/pimpinan perguruannya.

B. Cara Mengajukan Permohonan
Mahasiswa yang memenuhi persyaratan tsb. di atas diwajibkan:
Mengisi formulir permohonan beasiswa yang telah disediakan oleh Yayasan Supersemar di perguruannya, melengkapinya dengan pasfoto ukuran 4 x 6 cm dan meterai secukupnya.
Mendapatkan pengesahan dari pimpinan perguruan atas formulir tersebut.
Secara kolektif formulir dikirimkan oleh pimpinan perguruannya (bagi mahasiswa PTN) atau oleh Koordinator Kopertis (bagi mahasiswa PTS) kepada Ketua Yayasan Supersemar.

C. Periode Pemberian Beasiswa terhitung mulai bulan April s.d. Maret tahun berikutnya.

D. Besarnya Uang Beasiswa
@ Rp 70.000,00 per bulan.

BANTUAN DANA PEMBINAAN ATLET
Bantuan dana pembinaan diberikan oleh Yayasan Supersemar dalam rangka memotivasi atlet dan pelatih olah raga yang berprestasi agar dapat meningkatkan prestasinya, setidaknya tetap mempertahankan prestasi yang pernah dicapainya.
Bentuk bantuan berupa tunjangan sebesar Rp 70.000,00 per bulan. Usulan diajukan kepada induk organisasi cabang olahraga yang bersangkutan dan dikoordinasikan oleh KONI Pusat.

BANTUAN PARTISIPASI BIAYA PEBELITIAN
Bantuan ini disediakan bagi dosen tetap di lingkungan Depdiknas dan Departemen Agama yang sedang mengikuti pendidikan pascasarjana di dalam negeri. Bentuk bantuan berupa partisipasi dana untuk keperluan penelitian dalam rangka penyelesaian tesis S2 sebesar Rp 800.000,00 dan untuk disertasi S3 sebesar Rp 1.500.000,00.
Untuk mendapatkannya, yang bersangkutan harus diusulkan oleh direktur program pascasarjananya dan mendapatkan pertimbangan dari pihak Dirjen Pendidikan Tinggi atau Dirjen Binbaga Islam.

BANTUAN UNTUK ANAK ASUH
Bantuan ini diberikan kepada siswa-siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) dalam rangka menyukseskan program wajib belajar pendidikan dasar 9
tahun. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Yayasan Supersemar mengalokasikan dana untuk 50.000 anak asuh di tingkat SD, masing-masing mendapatkan bantuan senilai Rp 60.000,00 per tahun dan untuk 10.000 anak asuh di tingkat SLTP masing-masing mendapatkan bantuan senilai Rp 90.000,00 per tahun. Pemberian bantuan untuk anak asuh ini disalurkan melalui Yayasan Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (YL GNOTA).

BANTUAN UNTUK ANAK PENGUNGSl
Untuk membantu meringankan beban bagi anak-anak para pengungsi akibat bencana/musibah/konflik di daerah-daerah tertentu, Yayasan Supersemar juga memberikan bantuan berupa tunjangan pendidikan. Bantuan ini antara lain diberikan kepada siswa yang ditampung di RSAP (Rumah Sejahtera bagi Anak-anak Pengungsi) di Tobelo dan di Ternate.

Hubungi :
Yayasan Supersemar
Gedung Granadi Lantai 4,
Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 8-9,
Jakarta Selatan
Website : www.supersemar.or.id


Beasiswa Toyota Astra       
Pedoman Pengajuan Permohonan Beasiswa Yayasan Toyota Astra

1. BEASISWA REGULER S1 YTA

Penyelenggaraan Beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian nyata Yayasan Toyota & Astra terhadap dunia pendidikan nasional. Tahun ini ditetapkan 1000 orang mahasiswa S1 dari 67 Perguruan Tinggi terpilih di seluruh Indonesia yang akan menerima Beasiswa Reguler S1 YTA Tahun 2001/2002 sebesar Rp. 120.000,-/bulan.

Tujuan
Membantu mahasiswa berprestasi dari keluarga berpenghasilan rendah untuk dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.

Persyaratan
1. Mahasiswa/i berkebangsaan Indonesia.
2. Khusus menekuni bidang studi Teknik (Jurusan Mesin, Elektro, Arsitek, Sipil, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Lingkungan & Teknologi Informatika), MIPA, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan
3. Tahun ajaran 2001/2002 berada di semester V atau VII.
4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,80
5. Dari keluarga berpenghasilan rendah, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kampus dan/atau Kelurahan
6. Belum bekerja tetap dan tidak sedang menerima Beasiswa/Ikatan Dinas dari Lembaga atau Instansi lain.
7. Permohonan diajukan secara kolektif melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi.

Keputusan Pemberian Beasiswa
Keputusan nama-nama penerima beasiswa akan diumumkan Yayasan Toyota & Astra melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Kewajiban Penerima
Beasiswa Setiap penerima beasiswa berkewajiban melaporkan Indeks Prestasi setiap semester secara kolektif melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan sebagai bahan evaluasi Yayasan Toyota & Astra.

Keterlambatan pengiriman laporan IPK dan laporan tanda terima beasiswa dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan, menyebabkan ditundanya pengiriman dana beasiswa periode berikutnya.

2. BEASISWA POLITEKNIK YTA (TAHUN 2002)

Tahun ini ditetapkan 200 orang mahasiswa dari 16 Politeknik terpilih di seluruh Indonesia yang akan menerima Beasiswa Politeknik YTA Tahun 2001/2002 sebesar Rp. 120.000,-/ bulan.

Tujuan
Membantu mahasiswa berprestasi dari keluarga berpenghasilan rendah untuk dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.

Persyaratan
1. Mahasiswa/i berkebangsaan Indonesia.
2. Khusus menekuni Jurusan Mesin, Elektro, Arsitek, Sipil, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Lingkungan & Teknologi Informatika
3. Tahun ajaran 2001/2002 berada di semester III atau V.
4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,60 (skala 4) atau 6,50 (skala 10).
5. Dari keluarga berpenghasilan rendah, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kampus dan/atau Kelurahan
6. Belum bekerja tetap dan tidak sedang menerima Beasiswa/Ikatan Dinas dari Lembaga atau Instansi lain.
7. Permohonan diajukan secara kolektif melalui Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi.

Keputusan Pemberian Beasiswa
Keputusan nama-nama penerima beasiswa akan diumumkan Yayasan Toyota & Astra melalui Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan.

Kewajiban Penerima
Beasiswa Setiap penerima beasiswa berkewajiban melaporkan Indeks Prestasi setiap semester secara kolektif melalui Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan sebagai bahan evaluasi Yayasan Toyota & Astra.

3. DANA BANTUAN BAGI PROGRAM PASCASARJANA (TAHUN 2002)
Penyelenggaraan Dana Bantuan bagi mahasiswa Program Pascasarjana merupakan bantuan tidak mengikat bagi staf pengajar Universitas Negeri dari seluruh Indonesia atau staf Lembaga Penelitian milik Pemerintah (LIPI/BPPT) yang akan atau sedang menyelesaikan pendidikannya pada Program Pascasarjana Universitas Negeri di Indonesia.

Tujuan
Membantu para dosen Universitas Negeri yang melanjutkan studi di Program Pascasarjana (S2 dan S3) untuk dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Dengan harapan setelah menyelesaikan studinya dapat menyebarkan ilmu yang diperoleh kepada anak didiknya.

1. Beasiswa Pascasarjana

Beasiswa diberikan kepada 20 orang selama satu tahun, yang akan dievaluasi setiap semester.

2. Bantuan Penelitian Thesis Pascasarjana

Bantuan ini khusus bagi mahasiswa yang akan atau sedang melakukan penelitian thesis

Persyaratan
1. Staf pengajar Universitas Negeri atau staf Lembaga Penelitian milik Pemerintah (LIPI/BPPT) yang sedang melanjutkan studi di pascasarjana (S2 atau S3) di Universitas Negeri di Indonesia.
2. Indeks Prestasi minimum 3,50 bagi Program S2 maupun S3.
3. Bidang studi penelitian dititikberatkan pada Bidang Teknik (diutamakan bidang teknologi Otomotif) dan pelestarian lingkungan hidup.
4. Mengisi formulir asli dari Yayasan Toyota & Astra.
5. Melampirkan rekomendasi dari Rektor Universitas asal.
6. Melampirkan rekomendasi dari Direktur/Dekan Pascasarjana dan Promotor.
7. Melampirkan fotokopi Proposal Penelitian yang berisi antara lain jadual kegiatan, perincian dana, dan daftar pustaka.

Kewajiban Penerima
Setelah penelitian selesai, setiap penerima bantuan berkewajiban melaporkan kepada Yayasan Toota & Astra 1 (satu) copy laporan sebagai dokumentasi Yayasan Toyota & Astra.

4. DANA BANTUAN KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA (TAHUN 2002)

Penyelenggaraan Program Dana Bantuan Kegiatan Ilmiah bagi Mahasiswa merupakan program bantuan yang diberikan oleh Yayasan Toyota & Astra kepada Himpunan Mahasiswa yang sedang mengali dan mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan dalam bentuk Seminar, Simposium, Kongres, dan pameran yang berkaitan dengan bidang Ilmu yang ditekuni.

Tujuan
Membantu Himpunan Mahasiswa yang akan atau sedang melakukan Seminar atau Kegiatan Ilmiah. Dengan harapan setelah menyelesaikan kegiatannya dapat menciptakan ide/gagasan baru dan memperkaya khasanah ilmu yang diperoleh untuk bidang studi yang ditekuninya.

Persyaratan
Dana bantuan ini hanya ditujukan kepada Himpunan Mahasiswa dengan persyaratan sebagai berikut :

1. Seminar atau Kegiatan Ilmiah
2. Dikelola oleh Himpunan Mahasiswa.
3. Kegiatan tersebut mendapat persetujuan Dekan dan Purek/Pudir
4. Tidak bertujuan komersial.

Kewajiban Penerima
Setelah selesai kegiatan, Penerima Dana Bantuan berkewajiban melaporkan kepada Yayasan Toyota & Astra dengan menyertakan 1 (satu) copy laporan sebagai dokumen Yayasan Toyota & Astra

5. DANA BANTUAN PENELITIAN TEKNOLOGI (TAHUN 2002)

Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi yang begitu pesat, Yayasan Toyota & Astra memberikan bantuan dana proyek penelitian bidang teknologi, khususnya teknologi otomotif, mekanik, kelistrikan, komputer & rekayasa, dan kedirgantaraan, yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian Kampus, atau Unit Proyek Penelitian Mahasiswa.

Tujuan
Membantu Himpunan Mahasiswa yang akan atau sedang melakukan Seminar atau Kegiatan Ilmiah. Dengan harapan setelah menyelesaikan kegiatannya dapat menciptakan ide/gagasan baru dan memperkaya khasanah ilmu yang diperoleh untuk bidang studi yang ditekuninya.

Membantu proyek penelitian yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi melalui unit proyek penelitian mahasiswanya untuk mengembangkan suatu prototipe atau rancang bangun bidang otomotif, mekanik, kelistrikan, komputer & rekayasa, serta kedirgantaraan.

Persyaratan
1. Proyek penelitian ilmiah non komersial yang bersifat penelitian atau pengembangan teknologi.
2. Dikelola oleh perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian Kampus.
3. Rekomendasi dari Rektor/Direktur dan Pembantu Rektor/Direktur.

Kewajiban Penerima
Setelah selesai kegiatan, Penerima Dana Bantuan berkewajiban melaporkan kepada Yayasan Toyota & Astra dengan menyertakan 1 (satu) copy laporan sebagai dokumen Yayasan Toyota & Astra.

Penelitian tidak hanya mengembangkan ilmu pengetahuan itu sendiri, namun bermanfaat untuk kemajuan manusia pada umunya. Masalahnya, sebuah penelitian pada umumnya memerlukan biaya cukup besar yang kadangkala menghambat suatu proyek penelitian. Karena itu Yayasan Toyota & Astra memberikan perhatian nyatadalam hubungan ini dengan program bantuan biaya penelitian teknologi untuk unit kegiatan mahasiswa.

Melalui program iniyayasan memberikan dukungan bagi para mahasiswa yang melakukan aplikasi pengetahuan teori mereka ke dalam praktek, sehingga mereka terdorong lebih kreatif dalam menjalani kegiatan belajar
 
Pengajuan dan Keterangan lebih lanjut hubungi:
PT. TOYOTA ASTRA MOTOR
Jl. Laksda Yos Sudarso, Sunter II,
Jakarta 14430 - Indonesia
Telp. 62-21 6515551 Fx. 62-21 6515231
http://www.toyota.astra.co.id/about_us/yta/article.php?article_id=274

Y-JIMS Foundation Scholarship                                                            
PROFILE
Jakarta International Moslem Society (Y-JIMS) is a legal incorporated association established bye three foreign Moslem converts which were residing in Jakarta, 1998 M.

Initially, this step was taken to strengthen the bounds friendship of silahturahiim amongst Moslem expatriates to deepen Islamic teachings with Islamic small-scale discussion whose topics were those about Islam and its way of life in line with Al Quran and Sunnah of Prophet Muhammad (peace be upon him). As the time goes long, then we made an effort to help Moslem communities living under the line of disputation and marginalized through educational development, entrepreneurship, social and da'wah activity at remote villages southern Banten, Indonesia.

Vision
Created a good ummah through education and international muslim brotherhood development.

Mission
Empowering dhuafa through education.
Guiding Cadre for islamic purposes.
Developing system for execellent islamic education management.
Creating, developing muslim brotherhood through national and international service and co-operation.
Implementing independent organization.

Purpose
Created execellent elementary school model at remote village.
Created responsible cadre for islamic cause.
Developing organizational income research.
To widen muslim international networking.
To strenghten organizational management system
To give islamic information service.

Real-Form Activity
To bring cooperation forward in many aspects of life especially for human resource development like management and shipment of students university to remote villages for their last course assignment in practical and channeling candidate pf da'wah participant to inaccessible areas which is off the map and off the road, as an attempt to form community with akhlakulkarimah and board knowledge in their field. In addition, to help easier of channeling funds of interprenuership institution or personal for Ummah's efforts.

Human Resources Development

Jihadi Scholarship
This scholarship is provided to villages of school and students university, who are in difficult financially pursuing their studies, it is granted in kind of stay-place , supportive learning facilities and etc. Beside, they are suggested to do tutoring and mental-direction to our supported Madrasah as in turn/
Training of Education Candidate Participant
Aims at progressing a qualified scientific and human resource development.

Social and Education Performance
Social Activity
Chanelling assistance in kind of financial or material like foodstuffs, wearable-clothes and supplement nourishing foods for infants at remote areas.
Medical Treatment Concern
In kind of free medical treatment to dispute and marginalized communities, detention centres and refuges migration quarantines.
Educational Assistance Form
Establishment of school building cost, shifting of brooks with stationeries and any supportive learning items.
Muallaf and expatriate muslim conseling.

Ummah Entrepenuership Building
By giving them chance fakir and miskin with skills to create works and independent through mutual profit sharing system regulated by BUY (Body of Enterprenuership Foundation) is hoped to be able to uplift best their living standard in future.

Contact Jims Foundation
Perkantoran Ciputan Indah Permai, Blok C-1
Jl. Ir. H. Juanda No. 50 Ciputat 15419
Phone: 62-21-741 8941, Fax: 62-21-741 8942
site: http://www.jimsfoundation.com,
e-Mail: info@jimsfoundation.com


Beasiswa Yayasan Goodwill                                                    

Goodwill is a registered Indonesian charity (Yayasan) which gives multi-year scholarships to 100+ of the brightest and most needy future leaders. Students are selected from Indonesia's 2 top public universities, the Bogor Agricultural Institute and the University of Indonesia. Our mission is to provide financial assistance, training, care, resources and advice to young Indonesians and in doing so give them a chance to lead and serve their communities and their country.
Goodwill International helps students:
  • improve their life prospects,
  • empower themselves to fulfill their true potential,
  • get the best training and/or education possible,
  • maintain good health and nutrition,
  • establish personal and business values and ethics,
  • find a good and rewarding job or vocation
  • The scholarship program has now given some 300 or so disadvantaged, bright and motivated students the means to graduate from 2 of Indonesia’s leading public universities; the University of Indonesia (UI) or the Bogor Agricultural Institute (IPB). About 250 of them have graduated with a degree.
Awards
The standard annual donation needed to sponsor one student is US$650 or 6,000,000 rupiah. Sponsors are asked to make payment to Goodwill during June and July, ready for Goodwill to start funding the student at the start of term time, orientation and training in August. $650 is enough to pay:
the University for a year of student tuition fees;
the Student a monthly allowance which must cover their books, materials, food, accommodation, use of computers, and transportation to classes;
the Yayasan for its cost of administering of the scheme and organizing the leadership training programme
Eligibility
Goodwill scholarship winners are chosen by virtue only of their need and merit; each student:
must be recommended by their University;
must have strong academic records;
must demonstrate leadership qualities & potential;
must have served their local community or worked to support themselves;
must need outside financial support if they are to complete their studies.
Leadership training; job hunting
It is the leadership training that makes a Goodwill scholarship different from others, and which past students all agree they found particularly valuable after leaving University . Our Training modules include public speaking, CV writing, job searching, interviewing, team building, leadership styles, business English, and participating in a business game. A number of the most highly motivated Goodwill students put the skills they learn to immediate use, winning University or even National Student competitions. A few are awarded rare one-off scholarships for short study tours to Singapore, Australia & the USA. Over 300 scholarship students have now graduated from their University. Most have found jobs, in itself a considerable achievement given local economic conditions.
Sponsorship
Sponsorship of one student for one year costs USD650 or 6,000,000 rph
Yayasan’s registration and contact data
Yayasan Goodwill International is registered as a charity under Notarial Deed #42 dated 12th March 2004 approved by the Indonesian Ministry of Justice and Human Rights No. C.03161HT.01.01TH2004. Goodwill holds accounts at HSBC and BNI. Main email address: Administrator; Back up e mail address: igoodwill (Office Tel): (+62) 21 - or 021 739-4415; Administrator's (Hand Phone Tel): (+62) 81 - or 081 119-4737. Office address: Jalan Cikatomas I #27A, Kebayoran Baru, Jakarta 12180, INDONESIA
For more information on how you can help, contact us at:
Jalan Cikatomas I No. 27A
Kebayoran Baru, Jakarta 12180
INDONESIA
Tel. (+62) 21 - or 021 739 - 4415
Hp (+62) 81 - or 081 119-4737
Email administrator@yayasan-goodwill.org, igoodwill@cbn.net.id
Website www.yayasan-goodwill.org


Beasiswa PIRAC                                                                        

Ketentuan Umum:
  • Dikhususkan untuk Mahasiswa program Sarjana (S-1) yang memiliki prestasi akademik, duduk di semester 5 (lima) s.d. 9 (sembilan) dibuktikan dengan transkrip nilai.
  • Aktif sebagai relawan/ volunteer di LSM/ organisasi yang bergerak di bidang pengembangan kegiatan sosial sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga/ perorangan lain
  • Berusia antara 18 s.d. 25 tahun
  • Mengajukan surat permohonan kepada Panitia dengan menyertakan Daftar Riwayat Aktivitas lengkap.

Ketentuan Khusus:
  • Menyertakan Daftar Riwayat Aktivitas, yang menggambarkan riwayat aktivitas sebagai relawan/mahasiswa,
  • Mencantumkan nama Bank dan nomor rekening penerima beasiswa serta email,
  • Melampirkan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa dan atau Kartu Tanda Penduduk
  • Pasfoto hitam putih 4 x 6 satu lembar
  • Melampirkan keterangan/transkrip nilai akademik sampai dengan semester terakhir yang telah disahkan.
  • Surat keterangan tidak sedang menerima beasiswa lain
  • Surat keterangan telah menjadi relawan/volunteer sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun dari lembaga sosial
  • Melampirkan fotokopi akta notaris lembaga (dari 3 halaman pertama)
  • Menulis Essai/Opini bertema "Kedermawanan Sosial di Indonesia". Tulisan Opini bebas dibuat pada kertas HVS A4, 5000 - 10.000 karakter dengan spasi 1,5.

Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan dan berminat untuk mengikuti program beasiswa ini dapat mengirimkan permohonan kepada :

Panitia Beasiswa PIRAC
Jl. Mampang Prapatan XI No. 39
Jakarta Selatan 12790
Telp. (021) 791-90-752 / 794-2428
Fax: (021) 79190752.
Email: pirac@cbn.net.id

Permohonan beasiswa dapat disampaikan setiap awal semester. Keputusan akhir penerima beasiswa ditetapkan dan diumumkan Panitia melalui Buletin Galang, website http://www.pirac.or.id  dan email pendaftar. Berkas pendaftar yang tidak diterima dapat dikembalikan bila disertai perangko secukupnya.

Program Beasiswa ini terselenggara atas dukungan dan sumbangan tidak mengikat dari berbagai pihak. Sumbangan dikumpulkan oleh panitia dengan mengumumkan program beasiswa ini di Buletin Galang dan media-media lain. Para donatur akan menerima Informasi dan laporan aktivitas melalui buletin GALANG atau melalui Web PIRAC

http://www.pusatinfobeasiswa.com/Beasiswa-Indonesia-Dalam-Negeri.html


Berikut adalah persyaratan beasiswa yang diminta oleh beberapa donator sebagai berikut:
1. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Foto copy KTM yang menunjukkan sebagai mahasiswa regular aktif, paling rendah duduk pada semester II, dan paling tinggi duduk pada semester VI..
  • Transkrip Nilai dengan Indeks Prestasi Komulatif paling rendah 3.00
  • Surat Keterangan tidak mampu dari RT/RW atau kelurahan setempat
  • Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain, diketahui oleh pimpinan fakultas bidang kenmahasiswaan.
  • Foto copy kartu keluarga
  • Foto copy rekening listrik (3 bulan terakhir) dan atau bukti pembayaran PBB



2. Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa)

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Foto copy KTM yang menunjukkan sebagai mahasiswa regular aktif, paling rendah duduk pada semester II, dan paling tinggi duduk pada semester VI
  • Transkrip Nilai dengan Indeks Prestasi Komulatif paling rendah 2,50
  • Surat Keterangan tidak mampu dari RT/RW atau kelurahan setempat
  • Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain, diketahui oleh pimpinan fakultas bidang kenmahasiswaan.
  • Foto copy kartu keluarga
  • Foto copy rekening listrik (3 bulan terakhir) dan atau bukti pembayaran PBB


3. Beasiswa PPE ( Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler)

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Foto copy KTM yang menunjukkan sebagai mahasiswa regular aktif, paling
  • Rendah duduk pada semester II, dan paling tinggi duduk pada semester VI ..
  • Foto copy sertifikat/piagam/bukti prestasi lainya yang diketahui pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan.
  • Transkrip Nilai dengan Indeks Prestasi Komulatif paling rendah 2,50
  • Surat Keterangan tidak mampu dari RT/RW atau kelurahan setempat
  • Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain, diketahui oleh pimpinan fakultas bidang kenmahasiswaan.
  • Foto copy kartu keluarga
  • Foto copy rekening listrik (3 bulan terakhir) dan atau bukti pembayaran PBB


4. Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM)

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Foto copy KTM yang menunjukkan sebagai mahasiswa regular aktif, paling rendah duduk pada semester II, dan paling tinggi duduk pada semester VI.
  • Surat Keterangan tidak mampu dari RT/RW atau kelurahan setempat
  • Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain, diketahui oleh pimpinan fakultas bidang kenmahasiswaan.
  • Foto copy kartu keluarga
  • Foto copy rekening listrik (3 bulan terakhir) dan atau bukti pembayaran PBB


5. Beasiswa Bank Indonesia

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa Strata 1 (S1) Reguler
  • Sekurang - kurangnya telah menyelesaikan 4 (empat) semester dan atau telah menempuh satuan kredit semester (SKS) sebanyak 90 (sembilan puluh) ;
  • Secara finansial tergolong kurang mampu (surat keterangan tidak mampu dari kelurahan) ;
  • Usia tidak lebih dari 25 tahun pada saat dicalonkan sebagai penerima beasiswa ;
  • tidak bekerja atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain ;
  • Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari instansi lain.


6. Beasiswa Sun Life Financial
Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa/i yang saat ini terdaftar di Semester IV dan akan duduk di Semester V
  • Minimum Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,50, ketentuan IPK ini dapat disesuaikan dengan kondisi IPK tertinggi yang ada di jurusan terkait ;
  • Berasal dari keluarga tidak mampu


7. Beasiswa SUPERSEMAR

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Memiliki Prestasi akademik yang baik, minimal Indeks Prestasinya 2,50;
  • Minimal telah duduk pada semester 3 dan maksimal duduk pada semester VI;
  • Rajin dan berkelakuan baik;
  • Berasal dari keluarga yang tergolong kurang mampu;
  • Calon penerima diutamakan bagi mahasiswa penerima beasiswa Supersemar tahun 2008 (perpanjangan untuk tahun 2009), selama yang bersangkutan masih memenuhi persyaratan.

8. Beasiswa Toyota Astra

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa/i (KTM)
  • Khusus menekuni bidang studi Teknik (Jurusan MIPA, Periknanan)
  • Duduk disemester V atau VII
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,80
  • Dari keluarga berpenghasilan rendah, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kelurahan
  • Belum bekerja tetap dan tidak sedang menerima beasiswa / Ikatan Dinas dari Lembaga atau Instansi Lain

9. Beasiswa Indocement

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa/i (KTM)
  • Untuk Program S1 Duduk disemester III atau V IPK Minimal 2,50
  • Untuk Program D3 Duduk disemester II atau III IPK Minimal 2,50
  • Tidak sedang menerima beasiswa / Ikatan Dinas dari Lembaga atau Instansi Lain

10. Beasiswa BRI

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa Program Strata 1 (S1) Reguler
  • Ekonomi kurang mampu
  • Memiliki prestasi akademik yang baik, sesuai persyaratan IPK minimal 2,50
  • Telah menyelesaikan 2 (dua) semester, serta usia tidak lebih dari 23 Tahun
  • Mendapat Rekomendasi dari Perguruan Tinggi Ybs
  • Mahasiswa memiliki rekening BRITAMA

11. Beasiswa BPMIGAS-KKKS

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Beasiswa pendidikan diberikan kepada mahasiswa berprestasi terbaik yanhg telah menyelesaikan semester ke-4 dengan nilai baik IPK terbaik pada jurusannya; min. 3.00 (skala 4)
  • Lulus seleksi yang dilaksanakan masing - masing Koordinator Daerah Operasi (yang selanjutnya disingkat dengan KDO)
  • Berusia maksimum 20 tahun
  • Bukan berstatus pekerja
  • Tidak sedang mendapatkan beasiswa, ataupun sedang dalam ikatan dinas
  • Belum menikah
  • Mendapatkan rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi dimana yang bersangkutan belajar.

12. Beasiswa DJARUM

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa/i (KTM)
  • Tidak menikah
  • Tengah menyelesaikan pendidikan program S1 dan telah menyelesaikan semester IV
  • Berusia max. 21 tahun
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3,00 dibuktikan dengan fotokopi transkip nilai terakhir.
  • Mendapat rekomendasi dari pihak Perguruan Tinggi (surat dari pihak PR III/Kemahasiswaan)
  • Aktif dan dinamis baik dalam kegiatan belajar, organisasi maupun kegiatan ekstra kurikuler.
  • Mengajukan permohonan beasiswa kepada PT. Djarum, Jl. Kedungdoro 34 Surabaya.
  • Menyerahkan 1 lembar fotokopi kartu mahasiswa.
  • Menyerahkan fotokopi sertifikat, piagam penghargaan, atau surat keterangan lainnya yang dianggaop perlu sebagai bahan referensi tanda keaktifan atau peran aktif dalam kegiatan kemahasiswaan (organisasi, kursus, seminar, dll).
  • Menyertakan 2 lembar foto berwarna ukuran 4X6 (close up, tampak depan).
  • Lulus saringan penerimaan baik wawancara maupun psikotes yang dilakukan oleh PT. Djarum (waktu dan tempatnya akan di beritahukan kemudian).

13. Beasiswa Yayasan Pelayana Kasih A & A Racmat

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa/i (KTM)
  • Jurusan Teknik, MIPA, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.
  • Minimum semester III atau tahun ajaran Kedua.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terakhir 2,90
  • Dari keluarga berpenghasilan marginal, dibuktikan dengan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua, dan/atau Surat Keterangan dari Kelurahan.
  • Tidak sedang menerima Beasiswa dari Lembaga atau Instansi Lain.

14. Beasiswa PT. Semen Gresik (PERSERO)

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Dari Keluarga Pra Sejahtera/Tidak Mampu (Surat Keterangan dari Kepala Desa setempat).
  • Sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 4(empat) semester dan atau telah menempuh satuan kredit semester (SKS) sebanyak 90 (sembilan      puluh).
  • Memiliki rangking Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Indeks Prestasi (IP) terbaik atau minimal IP-3,00 diantara mahasiswa yang memenuhi syarat diatas.
  • Umur tidak lebih dari 25 (dua puluh lima) tahun pada saat dicalonkan sebagai penerima beasiswa.
  • Tidak bekerja atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain.
  • Membuat surat pernyataan tidak sedang memperoleh beasiswa dari badan/ lembaga/ instansi/ yayasan lain.
  • Mengisi Formulir Pendaftaran Beasiswa Semen Gresik Peduli Pendidikan.
  • Mendapat rekomendasi dari Pimpinan Fakultas.

15. Beasiswa Yayasan Salim

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa Program S1 Perguruan Tinggi Negri / Swasta (Disamakan).
  • Mahasiswa Semester I (satu) sampai dengan semester VII (tujuh).
Nilai minimum :
  • Untuk mahasiswa semester I, nilai rata-rata Ujian dan rapor kelas terakhir di SMA / sederajat minimal 7
  • Untuk mahasiswa semester III ke atas, Rata-rata Indeks Prestasi Semester (IPS) dua semester terakhir minimum 2,80 (bukan Indeks Prestasi Kumulatif / IPK)
  • Orang tua ekonomi tidak mampu.
  • Belum / tidak menerima beasiswa dari manapun.

16. Beasiswa Tjipta Sarjana

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu, sehingga tanpa bantuan pendidikan tidak dapat melanjutkan kuliah. Ketidak mampuan dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang dan dokumen lainnya.
  • Memiliki prestasi akademik yang baik yaitu untuk mahasiswa semester 1 minimal termasuk 10 besar di sekolah dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 pada semester genap untuk mahasiswa semester 3 keatas.
  • Mahasiswa tidak sedang menerima bantukn pendidikan dari institusi manapun.
  • Mahasiswa mengisi Formulir Pendaftaran dan melengkapi dokumen sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.
  • Jangka waktu maksimum bagi peserta program Tjipta sarjana adalah sampai dengan semester ke 8 (delapan) dengan masa studi maksimum 4 (empat) tahun.
  • ETF melakukan evaluasi setiap 2 (dua) semester untuk mengetahui perkembangan pendidikan mahasiswa yang bersangkutan berdasarkan hasil penilaian dari Unair. Apabila berdasarkan hasil evaluasi ternyata mahasiswa yang bersangkutan tidak memenuhi kewajiban dan ketentuan sesuai dengan yang ditetapkan ETF termasuk pelanggaran terhadap hal-hal seperti yang telah ditetapkan dalam Perjanjian Kerjasama ini, maka ETF berhak memberitahukan kepada Unair untuk mengakhiri pemberian bantuan pendidikan.
  • Mahasiswa menandatangani Ketentuan Program Pendidikan Tjipta Sarjana.

17. Beasiswa Bank MAYAPADA
Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa yang dapat dipertimbangkan untuk menerima Beasiswa adalah Mahasiswa program Sarjana Reguler (S1) yang memenuhi syarat sebagaimana dijelaskan dalam ayat dua (2).
  • Persyaratan-persyaratan yang diperlukan Mahasiswa untuk menjadi Mahasiswa Penerima Beasiswa adalah:
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Mahasiswa baru yang lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan/atau Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) atau Mahasiswa yang mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol nol) dari skala 4 (empat).
  • Untuk meneruskan menerima beasiswa, penerima Beasiswa harus mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol nol dari skala 4 pada semester berikutnya.
  • Apabila terjadi penurunan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari 3,00 (tiga koma nol nol), dapat dipertimbangkan untuk tetap menerima Beasiswa dengan alasan beserta bukti yang dapat diterima oleh Pihak Pertama.
  • Mahasiswa tidak sedang terlibat tindak pidana maupun pemakai atau terlibat dengan narkoba dan/atau zat atau obat-obatan terlarang dan melampirkan surat pernyataan di atas materai yang menyatakan ketidakterlibatannya dalam hal-hal tersebut.
  • Mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu serta harus melampirkan surat keterangan penghasilan orangtua atau surat keterangan tidak mampu dari Kelurahan lingkungan tempat tinggal orangtuanya atau anggota keluarga lainnya yang bertanggung jawab dan menanggung hidup Mahasiswa tersebut.

19. Beasiswa Unggulan Untuk Aktivis

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa yang sedang menjabat dalam organisasi kemahasiswaan (Pengurus Inti/ketua, wakil, sekretaris dan bendahara).
  • Memiliki Surat Pengantar (Rekomendasi) dari Wakil Rektor I
  • Minimal Semester III
  • Diharapkan tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga/sponsor lain.
  • Bebas dari masalah kriminal.
  • IPK minimal 2.5
  • Organisasi yang menaunginya minimal beranggotakan 50 Orang.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Internasional lisan dan tulisan.
  • Memiliki sertifikat pendukung sebagai aktifis.

20. Beasiswa Mengikuti Ujian (BMU)

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mendaftar untuk ikut ujian SNMPTN tahun 2009, pada kurun waktu 16-27 Juni 2009.
  • Membawa Surat Lulus Seleksi BMU asli dan 1 lembar fotocopy-nya.
  • Membawa ijazah atau Surat Keterangan Lulus SMTA yang ditandatangani Kepala Sekolah.
  • Membawa/menunjukkan Tanda Pengenal (Kartu Pelajar dan SIM/KTP).
  • Mengikuti ujian di lokal yang telah ditentukan oleh Panitia Lokal SNMPTN pada tanggal 2 dan 3 Juli 2009.
  • Nama yang dituliskan pada Formulir Pendaftaran SNMPTN harus sama dengan yang tercantum pada Surat Lulus Seleksi BMU ini.

21. Beasiswa Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina (YKPP)

Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur/Dekan untuk mendapatkan beasiswa dengan melampirkan berkas sebagai berikut :
  • Mahasiswa S1 Angkatan 2006, 2007 dan 2008.
  • Tidak mampu secara financial dengan dibuktikan surat keterangan dari RT/RW setempat.
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3.00
  • Tidak sedang medapatkan beasiswa dari instansi lain.
  • Fotocopy KHS Semester Gasal tahun 2008/2009 dan KTM.


22.  PERTAMINA SCHOLARSHIP
Program pemberian beasiswa ini dilakukan secara merata mulai siswa SD dan Madrasah, anak yatim piatu, hingga mahasiswa S-2/S-3 dalam dan luar negeri. Pemberian beasiswa juga dilakukan untuk mengejar kuantitas dan kualitas. Ini terlihat dari pemberian beasiswa pada 1.450 orang di Jabotabek yang dilakukan bekerja sama dengan PWP Pusat dengan menelan biaya Rp 1 milyar. Dari sisi jumlah, angka ribuan orang itu menunjukkan keinginan agar beasiswa diberikan secara massal kepada semuanya.
Ini berbeda dengan pemberian beasiswa yang mengejar kualitas, yang diberikan hanya kepada beberapa orang dengan biaya yang sama besar. Beasiswa terhadap 10 mahasiswa ITB dan 25 PNS adalah contohnya. Kepada mahasiswa ITB, Pertamina mengeluarkan anggaran Rp 1 milyar. Sementara untuk beasiswa S-2 PNS, Pertamina mengeluarkan anggaran Rp 1,8 milyar.
Angka yang besar ini tentu harus diikuti dengan target. Tidak hanya prestasi akademik mahasiswa, tetapi kemanfaatan beasiswa itu bagi tumbuhnya kemandirian, kemajuan dan pembangunan bangsa ke depan. Disinilah pentingnya melihat isu-isu pembangunan strategis yang menjadi prioritas bidang keilmuan yang perlu mendapatkan perhatian untuk diberikan beasiswa.
Tak terkecuali pemberian beasiswa untuk PNS. Problematika bangsa sejak reformasi bergulir adalah buruknya birokrasi dan rendahnya mutu SDM. Beasiswa yang diberikan kepada PNS setidaknya harus menyentuh dua aspek ini, agar pelayanan birokrasi kepada masyarakat semakin bermutu, transparan dan akuntabel. Hanya dengan transparansi, akuntabilitas, dan mutu, birokrasi pemerintahan akan semakin berwibawa terbebas dari korupsi. Yang menarik justru terjadi pada kasus pemberian beasiswa di Politeknik Solo. Pemberian beasiswa dilakukan dengan mensinergikan pemberdayaan mahasiswa yaitu pelaksanaan pelatihan otomotif dan penjualan pelumas Pertamina. Kegiatan yang tidak melulu charity ini ternyata hanya menelan biaya Rp 100 juta. Pemberian beasiswa seperti ini menarik untuk diikuti oleh semua pihak dan dilanjutkan, karena beasiswa justru menumbuh suburkan kemandirian.
http://www.pertamina.com/index.php/detail/read/the-realization-of-csr-program-unit-centre